.::: Selamat Datang di kibopirang.blogspot.com :::.

Kamis, 20 November 2008

"ntldr is missing"


Ini pengalaman gue yang naif banget menurut gue.

Ceritanya gini, pagi-pagi bener (menurut gue pagi, padahal udah jam 10) gue udah dibangunin ama temen gue karna ada seseorang yang mo perbaiki notebooknya yang merek Acer (gue lupa typenya).

Dengan penampilan yang ancur-ancuran karna baru bangun tidur gue temui tuch orang sekalian mo periksa notebooknya.
Gue tanya masalahnya, kata yang empunya, notebooknya gak mau masuk windows. Gue periksa tuch notebook, gue idupin notebooknya, ternyata bener, gak bisa masuk windows karna file "ntldr"nya ilang. Gue gak tau ilangnya kenapa, yang penting windows ogah masuk aja.
Gue bilang aja windows musti di install ulang agar bisa dipakai lagi, dan orangnya percaya.
Ya udah, masalah install menginstal sech bukan masalah lagi bagi gue, selagi menginstall gue bisa melanjutkan tidur yang sempet terganggu tadi.

Ya udah, notebook ditinggal ama empunya, guepun melanjutkan aktifitas yang belum tuntas tadi, tidur. Sewaktu gue memejamkan mata gue teringat ama masalah notebook tadi. Klo gak salah gue pernah ada nyimpem tutorial troubleshooting windows. Gue bongkar dech isi file dikomputer gue, nyari tutorial yang dimaksud dan ketemu....

Ini dia, masak ilmu bagus disimpen aja, praktekin ah.. sapa tau aja berhasil. Lagian klo gak berhasilkan tetep musti diistall ulang tuch notebook. Ya udah, gue gak jadi tidur, truss praktekin tuch tips.

Bah ternyata hanya mengcopy file "ntldr" yang ada di cd windows kedalam drive system notebook aja. Begini caranya :
  • Buat booting awal dari cd/dvd room
  • Masukkan cd master WinXP kedalam cd drive
  • Hidupkan komputer, dan tekan sembarang tombol agar komputer membaca cd drive
  • Waktu muncul opsi, tekan R pada keyboard untuk repair
  • Tunggulah sampai masuk ke jendela yang mirip dos (kata gue ya..)
  • Tekan 1 pada keyboard untuk memilih drive yang akan di repair
  • Setelah itu, akan muncul tulisan yang meminta kita untuk mengetikkan password administrator, ketikkan passwordnya bila memang ada, atau tekan Enter untuk melanjutkan.
  • Setelah itu akan masuk ke comment p>
  • c:\
  • Ketikkan d:
  • Enter
  • Maka akan menjadi d:\
  • Ketikkan cd i386
  • Maka akan menjadi d:\i386
  • Ketik copy ntdetect.com maka akan menjadi d:\i386 copy ntdetect.com c:\
  • Enter
  • Selanjutnya copy file ntldr dari cd, d:\i386 copy ntldr c:\
  • Enter
  • Setelah itu keluar cd dari cd drive
  • Dan ketikkan Exit untuk keluar
  • Restart, dan nikmati hasil kerja anda


Mudah bangetttttt. Klo sebegini mudahnya orang awam juga bisa...

Bim salabim abra kadabra....
Eng... Ing... Eng..., wah... ternyata berhasil.....
Ternyata notebooknya gak harus diintall ulang, gue seneng banget, 1 ilmu baru nambah ama gue. Tapi gue berfikir klo gak diinstall ulang ntar yang punya curiga lagi. Ah.. bodoh amat ah..., yang penting gue udah tau rahasianya... notebook itu harus tetep diinstall ulang agar yang empunya gak curiga.

Selesai install ulang, gue merasa bangga banget ama ilmu baru gue. Lalu gue chaating ama temen gue yang menjadi EDP disalah satu hotel ternama di kota Medan. Gue pura-pura nanya masalah notebook tadi ketemen gue itu. Mengetahui apa yang katakannya gue hanya senyum-senyum sendiri, ternyata jawabannya sama yang terpikir ama gue pertama kali, "install ulang"

Gue langsung berfikir, ternyata seorang EDP hotel ternama, ilmu gak seberapa..... (hahahah.... dasar manusia sombong, dapet ilmu dikit aja langsung besar kepala...)
udah ah sampek sini dulu ceritanya, gue mo cari teman gue yang laen, yang katanya teknisi, mo coba dulu ilmu mereka, hehehhee.... (awaslo kibo, kena batunya....)

0 komentar:

Posting Komentar