.::: Selamat Datang di kibopirang.blogspot.com :::.

Senin, 08 Desember 2008

Hilangkan Jejak Berinternet

Satu lagi postingan gue yang gak seberapa.
Sebenarnya ini ilmu lama yang udah basi, tapi karna gue terkenang dengan cara mendapatkannya maka gue mo publikasikan disini sebagai kenangan gue. Heheehhe...

Ceritanya begini...
Gue kerja dengan komputer kantor yang bisa diakses tidak hanya oleh gue sendiri.
Jadi salah satu temen sekantor gue sering googling via Internet Explorer. Setelah sekian lama googling baru ada dipikiran temen gue itu kalau di bar pencarian google udah terlalu banyak chace yang tersimpan disono. Jadi semisal kita mengetikkan 1 huruf di bar pencarian google, maka bakal muncul kata-kata yang mengandung huruf yang kita ketikkan tadi.



Jadi akhirnya terpikir untuk menghilangkan jejak di bar pencarian tadi. Gue yang diminta untuk menghilangkannya, semula berfikir gue bisa ngilanginnya tidak lebih dari 5 menit. Akhirnya gue mulai kerja. Udah lebih dari 5 menit ternyata tidak membuahkan hasil. Yang hilang hanya pada web address bar aja, tidak pada bar pencarian google. Akhirnya bukan 5 menit, tapi lebih dari 5 hari. Heheheeh.....



Gue mulai jenuh juga. Akhirnya gue putusin untuk tanya sana sini. Gue hubungi semua temen gue yang udah lama berkecimpung di dunia komputer dibanding gue. Jawabannya beragam, mulai dari yang menyarankan menggunakan software tambahan sampai menyarankan install ulang os. Gue gak yakin.
Gue udah install aplikasi untuk membersihkan sampah dikomputer, tapi tetep aja jejak di bar google gak hilang.
Gue coba cari di internet, juga gak dapet jawaban yang pas.

Tak disangka akhirnya dateng juga pencerahan yang selama ini gue cari. Ini terjadi karna jaringan speedy dikantor kami mengalami masalah. Akhirnya datang maintenance speedy ke kantor kami untuk memperbaiki jaringan speedy. Akhirnya sambil iseng gue tanya masalah yang gue hadapi tadi ke maintenance speedy. Akhirnya dapet juga rahasianya.

Ternyata emang butuh waktu tak lebih dari 5 menit untuk membereskannya.
Kalian mo tau juga ??!!

Oke, gue akan jelasin...
Buka Internet Explorer
Pada menu bar pilih Tool > Internet Option
Maka akan muncul kotak dialog Internet Option
Masuklah ke Menu Content
Click AutoComplite...
Setalah kotak dialog AutoComplete Settings muncul, ada 3 check box disana


  1. Checkbox Web Address untuk menghilangkan jejak situs mana yang udah kita masukin.
  2. Checkbox Form untuk membersihkan jejak di google bar pencarian (juga berlaku pada bar pencarian selain google). Ini masalah gue. Di uncheck aja, klo masalah kalian sama ama gue.
  3. Checkbox User names and passwords and forms, untuk menghilangkan jejak password yang pernah kita pakai. Misalnya password email. Gue sangat sarankan untuk tidak menchecklist box ini bila komputer yang digunakan banyak user.

Selain itu masih ada 2 lagi button di Autocomplate Settings
  • Clear Forms, untuk menghilangkan history yang selama ini udah banyak menumpuk diform. Ini juga bisa mengatasi masalah gue, tapi hanya bersifat sementara.
  • Clear Passwords, sama dengan Clear Forms, membersihkan password-password yang pernah kita gunakan, juga bersifat sementara aja bersihinnya.
Klick Oke dan Oke
Selesai
Tidak lebih dari 5 menitkan ???!!

Sekarang kalian bisa googling dengan Internet Explorer dengan aman, tanpa meninggalkan jejak. Heehehe....
Tapi klo gue sech lebih seneng pakai Firefox Mozilla untuk urusan internetan. Gak ribet dan lumayan cepet. hehehe......




0 komentar:

Posting Komentar