.::: Selamat Datang di kibopirang.blogspot.com :::.

Senin, 19 Januari 2009

Asus P5GC-MX/1333

Ini pengalaman gue yang paling menyebalkan. Betapa tidak, gue yang notabane sering merakit komputer buat temen-temen gue, ketiban sial saat merakit komputer dengan spec yang gak seberapa.

Ceritanya begini...
Pada tanggal 17 Januari kemaren temen gue ada yang minta gue buat rakitin komputernya, dengan spec :
  • Motherboar Asus P5GC-MX
  • Procesor 2.2GHz Core Duo
  • RAM 1GB Visipro
  • Harddisk 80GB Seagate
  • DVD RW Samsung

Dengan senang hati gue bantu temen gue itu untuk merakitkan komputernya. Dan pada waktu yang bersamaan gue juga ada kerjaan merakit komputer lain dengan spec :
  • Motherboard Power X-Treme
  • Proc PIV 3.0Ghz
  • RAM 1 GB Deam
  • Harddisk 80GB Seagete
  • DVD RW Samsung

Masalah timbul saat gue merakitkan komputer dengan motherboard Asus. Sebelum gue merakit komputer kebiasaan gue selalu melakukan uji coba (istilahnya "test hidup") untuk memastikan bahwa motherboard, procesor dan memorynya dapat bekerja dengan baik. Soalnya ini penting banget sebelum gue pasang di casing komputer, daripada entar udah dipasang ke casing, ehhh malah masih ada trouble, kan males banget tuch buka-buka motherboard dari casing.

Nah pada saat gue "test hidup" tuch motherboard Asus tadi, koq gak ada tampilan sama sekali di monitor gue yang menandakan adanya kehidupan disana. Gue periksa procesor, tapi kayaknya procesornya bekerja tuch. Gue berpikiran kali aja Asusnya yang bermasalah. Kebetulan banget masih ada Asus laen yang masih 1 type ada yang nganggur. Maka gue ganti tuch Asus.

Asus dah gue ganti tapi koq masih sama juga masalahnya, gue mulai tensi juga mikirinnya. Trus gue coba ganti procesornya dengan procesor PIV 3.0 milik motherboard Power X-Treme, masih tetep gak ada perubahan. Gue pasang procesor Core Duo pada motherboard Power X-Treme, ehhhh malah nyala. Lalu dimana masalanya..? Mulai spaning juga nech.

Gue dah coba Clear CMOSnya, tetep juga gak mau. Busyeeet dah...
Akhirnya gue coba tuk tinggalin tuk kerjaan, sambil merokok gue jalan sana jalan sini memikirkan Asus tadi.
Akhirnyaaaaa......
Gue kepikiran untuk mencoba mengganti RAM Visipro dengan RAM Deam.
Busyet benget..... motherboard Asusnya nyala..!
Ternyata masalah ada pada RAM, wuiiiiiiiiih lumayan bikin lemes.

Padahal sewaktu gue perhatiin itu kedua RAM, kayaknya specnya sama dengan FSB 800, lalu kenapa motherboard Asus menolak RAM Visipro ya...? Sayangnya lagi gue lom coba RAM Visipro ke motherboard Power X-Treme, soalnya orang yang punya motherboard Power X-Treme dah dateng untuk menjemput barangnya.


Ahhhhhhhhhh, udahlah....., yang penting sekrang kedua motherboarnya dah ok, walaupun akhirnya motherboard Asus specnya jadi berubah RAMnya yang awalnya Visipro bertukar menjadi Deam.

Lemes dech....

Bagi yang pernah ngalami hal sama kayak gue, ato tau cara menanggulanginya agar Asus P5GC-MX bisa nerima RAM Visipro 1GB dengan FSB 800MHz, boleh dunk bagi-bagi pengalamannya.....!


0 komentar:

Posting Komentar