.::: Selamat Datang di kibopirang.blogspot.com :::.

Minggu, 07 Juni 2009

Error 5201 pada Printer Canon 1980

Kemaren gue baru dapet masalah pada printer temen gue untuk type Canon IP1980 dan IP1880. Karna gue dianggap bisa menyelesaikan masalah printer temen gue itu, maka printer-printer tersebut dibawah ketempat gue.

Awalnya sech gue beranggapan kalau kerusakannya biasa aja, ternyata setelah gue lihat ternyata bikin gue geder juga. Masalahnya sewaktu diidupin itu printer, muncul pesan klo cartridge warna tidak dikenal dengan ditandainya blink (lampu orange berkedip sebanyak 5x). Awalnya sech gue beranggapan kalau cartridge warnanya udah rusak, maka gue ganti tuch cartridge warna dengan cartridge yang laen, tapi tetep aja muncul pesan klo cartridge warnanya bermasalah. Anehnya lagi kedua printer temen gue itu masalahnya sama.

Setelah gue ganti cartridgenya, tapi tidak juga menunjukkan tanda-tanda yang positif, akhirnya gue berinisiatif untuk membersihkan head pada cartridge dan pada dudukan cartridge didalam printer (biasa gue sebut carriage) dengan menggunakan cairan khusus yang berfungsi untuk membersihkan part-part pada cartridge, ternyata malah tambah gawat. Setelah diidupin printer masih ngebling dan muncul pesan "Error 5201". (waduhhh... gawat nech...)
Printer malah gak bisa dipakai sama sekali. Error 5201 memberikan keterangan kalau printer bermalasah, tapi tidak disebutkan dimana masalahnya, dan menyarankan untuk mematikan printer dan menghidupkannya lagi.

Akhirnya gue putusin untuk mencari pencerahan di om google, mengenai masalah printer ini, terutama maksud dari error 5201 itu. Ternyata setelah muter-muter keliling dunia, tetep juga gak dapet pencerahan yang diharapkan. Akhirnya gue putusin untuk mencari sumber errornya secara manual dengan cara membongkar isi perut printer tersebut.

Setelah kotak katik dengan obeng dan tangan berlumuran tinta, apalagi printernya udah diinfus, akhirnya gue temukan juga masalah utamanya. Ternyata kerusakan bukan pada cartidgenya melainkan adalah "carriage" ato dudukan dimana cartridge diletakkan didalam printer. Ya udah, karna masalah udah ketemu akhirnya gue hubungi aja tuch temen gue dan memberitahukan masalah printernya, akhirnya temen gue memutuskan untuk mengganti carriage printernya.

Setelah diselidiki dengan cara bertanya ke beberapa rekan gue mengapa bisa terjadi error 5201, beberapa jawaban yang mungkin bisa diterima akal gue adalah:

Tinta Banjir.
Ini sangat mungkin sekali terjadi, diperkuat lagi bahwa printer temen gue sudah menggunakan infus, dengan menggunakan printer yang diinfus dan kurang pahamnya cara dan perawatan untuk printer infus, biasanya tinta banjir sangat sering terjadi.
Biasanya hal demikian bisa kita perhatikan dengan cara melepas cartridge dari dalam printer dan melihat tempat kluarnya tinta dibawah cartridge. Biasanya tinta yang sudah terlalu banyak keluar (banjir) banyak sedikitnya ada yang sampai menyentuh head pada cartridge dan ini tanpa sepengetahuan kita.
Kalau headnya saja sudah terkena tinta, padahal head pada cartridge merupakan wilayah yang sangat sensitif akan sentuhan, bisa dipastikan cartridge akan rusak, parahnya lagi tidak hanya cartridge yang rusak melainkan juga carriage (tempat dudukan cartridge didalam printer).

Genset
Genset atau generator merupakan alat pembangkit listrik dengan menggunakan bahan bakar minyak (bensin ato solar) yang banyak digunakan sebagai pembangkit listrik cadangan apabila arus listrik dari PLN mati. (hehheh .... keren banget artian gue yang satu ini, tapi bener gak sech, maaf klo kurang berkenan, namanya juga anak kampung....)
Untuk penyebab yang satu ini, gue sendiri belum bisa buktikan secara logika dan akal gue, mungkin karna gue gak ngerti masalah kelistrikan kali... (hehhehh....)
Tapi dari beberapa kali pengalaman temen gue genset dapat menghancurkan printer yang kita punya.
Ada yang gara-gara menggunakan genset power adaptor dari printer terbakar, sampai motherboard printernya yang hangus. (wah wah wah ganas banget si genset ini....)
Dan sewaktu temen gue tadi menanyakan penyebab printernya rusak, tanpa sengaja gue sebut diakibatkan karna memakai genset, dan anehnya lagi temen gue itu mengiakan jawaban gue, dahsyaaaat....
Kalau untuk penyebab yang kedua ini kalian tidak bisa terima, gue maklumi itu, tapi tidak salah dong dari pada kalian penasaran, silahkan dicoba untuk menggunakan printer dengan menggunakan arus listrik yang berasal dari genset, dengan catatan gue tidak bertanggung jawab bila nanti terjadi sesuatu hal yang kurang mengenakkan. oke..

Okelah..., mungkin hanya ini yang bisa gue share sama kalian, mungkin nanti gue akan share lagi masalah laen yang tentunya merupakan pengalaman pribadi gue sendiri.
Satu lagi gue akan senang berbagi mengenai masalah printer dengan kalian semua sejauh gue bisa bantu, dengan cara isi coment pada postingan-postingan gue, sapa tau aja gue bisa bantu.
Makasih banyak.


4 komentar:

Kuyung mengatakan...

printer type ip1980 sering kali ngeblink
untung saya kemaren nanya sama mas google
cara ngatasinya , dengan resetter yg saya download di http://klinik-printer.com

Anonim mengatakan...

gak mutu sama sekali ...

fiki firmansyah mengatakan...

thank for information

awan mengatakan...

ehhhhhh referensi dulu :D yah ..

Poskan Komentar