.::: Selamat Datang di kibopirang.blogspot.com :::.

Kamis, 19 Februari 2009

Cegah Virus dgn 5 Langkah Bag 2

Lanjutan dari tips yang telah lalu ......

Silahkan baca postingan sebelumnya disini......


3. Hilangkan attribut hidden file

Membuka semua attribut hidden file dikomputer kita akan sangat membantu kita untuk melihat suatu file yang mencurigakan. Dan perlu anda tahu, kebanyakan virus yang beredar sekarang ini, untuk mengelabui mangsanya salah satunya adalah dengan membuat dirinya tak terlihat, alias terhidden. Sehingga kebanyakan pemakai komputer awam tidak akan menyadari akan keberadaan suatu virus di komputernya. Para korban akan merasakan kehadiran virus didalam komputernya, setelah beberapa waktu kedapan dijumpai kejanggalan-kejanggalan didalam komputernya, misalnya komputer terasa lambat, tidak bisa mengakses Register Editor dan Task Manager dan banyak lagi lainnya. Dan itu semua sudah cukup membuktikan bahwa komputer telah terserang virus. Dengan catatan : kita tidak pernah mengubah settingan pada OS kita untuk membatasi beberapa fasilitas yang disediakan windows.
Dengan menampilkan semua file yang terhidden, kita juga bisa tahu dan melihat suatu virus yang ada pada hdd kita. (Masa sichhhh...) Hanya saja, dengan membuka semua attribut hidden file dikumputer kita, maka kita akan melihat file-file yang sangat asing yang selama ini jarang kita lihat, cuekin saja.

Gue ingetin untuk jangan pernah beranggapan bahwa semua file yang terhidden itu virus, ingat bahwa file-file system yang sangat penting, secara default oleh Microsoft juga dibuat terhidden,ini dimaksudkan untuk melindungi file-file penting yang memang dibutuhkan agar OS kita bisa berjalan dengan baik, jadi berhati-hatilah jika kita memutuskan untuk menghapus suatu file yang secara default berattribut
hidden. Salah hapus akan berakibat windows kita rusak.
Cara untuk menggilangkan attribut hidden file bisa dilakukan dengan cara :
Start > Control Panel > Folder Option

Pada jendela Folder Option, masuklah pada tab View Pada baris "Hidden files and folders"
Pilih "Show hidden files and folders"
Pada baris " Hide extension for known file types"
Hilangkan centangnya.

Selanjutnya hilangkan juga centang pada "Hide protected operating system files (Recommended)"
Klik OK pada pesan yang muncul.

Terakhir klik OK untuk menutup jendela Folder Option.


Perlu kita ketahui, dengan melakukan langkah tadi, sekarang komputer kita akan terlihat sedikit beda. Dan ini juga akan sedikit merepotkan kita yang kurang terbiasa dengan perubahan yang baru saja kita perbuat. Mulailah untuk belajar beradaptasi. Dan satu lagi, dengan perubahan yang baru kita buat, dan ini banyak dialami oleh user yang kurang paham dengan apa yang telah diperbuat, pada saat kita melakukan perubahan nama sebuah file yang istilah populernya adalah me"rename", tiba-tiba file yang baru direname tidak bisa dibuka lagi, ingat itu bukan virus, dan untuk mengatasinya jangan lupa untuk mengikutsertakan extension file yang yang direname, agar file yang kita rename tetap bisa digunakan.

4. Install Themes

Selain untuk menambah mempercantik tampilan windows kita yang biasa-biasa aja menjadi lebih menarik dan sedikit berbeda dari tampilan komputer-komputer kebanyakan. Ternyata dengan menginstall themes, kita akan sedikit terbantu untuk bisa membedakan mana file yang sebenarnya (asli) dan mana file yang merupakan virus yang menyamar menyerupai file asli kita. Sekarang ini telah banyak sekali aplikasi theme yang beredar, silahkan pilih salah satunya, misalnya OS kita yang merupakan Windows XP, tapi setelah kita install suatu themes, bisa berubah dengan tampilan Windows Vista dan lain sebagainya. Menarik bukan....!!!???

Tentu saja kita juga harus pandai-p
andai memilih themes yang akan kita pasang pada komputer kita, pilihlah themes dengan source kecil agar tidak terlalu membebani kinerja komputer kita. Tapi bagi anda yang mungkin menginginkan kecepatan lebih pada kinerja komputernya dibanding keindahan dan keunikan, mungkin cara ini sedikit bertentangan, karna dengan memasang themes pada komputer, kecepatan komputer akan sedikit berkurang sepersekian detik lebih lambat. Silahkan anda pikirkan sendiri..!!


5. Bijaksana dalam menggunakan "klik" mouse

Mungkin tips ini jarang kita dengar, tapi suer tak kewer-kewer, ampuh banget.
Tahukan anda, pada saat kita membuka Windows Explorer, secara default akan terbagi kedalam 2 kolom, kiri dan kanan.
Apa bedanya????
Tampilan defaultnya biasanya seperti yang terlihat dibawah ini :



Ini memang indah, tapi juga penuh dengan kelemahan. Boleh percaya boleh tidak.
Coba anda biasakan selalu menggunakan fasilitas "explore penuh" (istilah gue sendiri) dengan cara mengklik bar menu Folder. Perhatikan gambar dibawah.


Biasakan untuk membuka file yang terletak didalam sebuah folder dengan masuk dari kolom pada sebelah kiri untuk membuka file yang kita inginkan.
Jangan biasakan untuk langsung mengklik 2x folder yang berisi file-file kita, pada kolom sebelah kanan.
Kenapa???
Biasanya virus mengelabui mangsanya dengan cara membuat duplikat sebuah file atau folder yang sama persis dengan aslinya, dan ini kurang diwaspadai oleh kita. Salah mengklik, bisa jadi bukan file yang sebenarnya yang kita klik, melainkan virus yang sudah menduplikasi file asli dan menghidden file asli.

Nah, untuk mengatasinya selalu masuk kedalam file yang terletak didalam sebuah folder dengan cara membuka folder yang ada dikolom sebelah kiri Windows Explorer.
Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan Views file dengan pilihan Details, dengan cara ini kita bisa melihat extension dan kapasitas sebuah file yang sebenarnya.

Kita pasti tahu Winword selalu menggunakan extension *.doc atau file musik dengan extension *.mp3. Jangan pernah membuka sebuah file winword atau file musik dengan extension *.exe. Itu bisa jadi virus.

Dan ingat biasanya virus selalu memiliki kapasitas file yang sama besar dan seragam. Pelajarilah selagi bisa.

Inilah beberapa tips yang bisa gue sumbangkan dan selalu gue lakukan setiap kali gue mengoperasikan komputer. Yang pasti, mungkin masih banyak tips-tips laen yang kalian punya yang mungkin lebih hebat dari tips yang gue posting ini, silahkan berbagi, dengan senang hati gue akan menerimanya.

Kembali kepostingan sebelumnya...

0 komentar:

Posting Komentar